:: Principal Speech

SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH
SEKOLAH KREATIF SD MUHAMMADIYAH 20 SURABAYA

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Alhamdulillahirabbil’alamiin, segala puja dan sanjung hanya milik Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan ni’mat-Nya kita masih diberikan kesempatan oleh Allah untuk mendermakan diri kita melalui jalan pendidikan.

Pertama kita bersyukur kepada Allah yang mana kita bisa memanfaatkan web sebagai media informasi, komunikasi dan silaturrahim khususnya kepada wali murid dan umumnya kepada seluruh masyarakat.

Kedua dengan memanfaatkan IT secara maksimal berarti kita sadar dan respon terhadap perkembangan dan pertumbuhan teknologi guna mengetahui perkembangan pendidikan serta tantanganya di masa sekarang dan masa yang akan datang. Lembaga pendidikan kita di negeri ini dari waktu ke waktu mengalami pertumbuhan yang sangat cepat dalam sisi kuantitas dan kualitas, oleh karena itu kita dituntut untuk respon terhadap tantangan pendidikan di masa yang akan datang. Tiga diantara tantangan pendidikan kita di masa depan adalah :

  1. Kemampuan merespons terhadap perubahan di tingkat regional atas pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN.
    Dalam kebijakan ini tentu pendidikan kita harus siap menghadapi era regional yang menunjukan performa kompetensi, kualifikasi dan ketrampilan. Inilah salah satu pembuktian bahwa negara kita siap bersaing dengan Negara-negara serumpun di Asia Tenggara. Kebijakan mengenai Masyarakat Ekonomi ASEAN juga memberikan gambaran terhadap pendidikan kita tentang bagaimana persaingan secara dinamis di wilayah Asia Tenggara. 
  1. Tersedianya kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan yang berkualitas dan kompeten.
    Guru yang berkualitas dan terampil adalah menjadi kunci utama terhadap suksesnya pendidikan kita, karena secanggih apapun kurikulum yang kita miliki tetapi jika tidak dilaksanakan oleh tenaga guru yang berkualitas tentu tidak akan banyak berarti di dalam membawa perubahan di sektor pendidikan kita.
  1. Membangun kerja sama (Networking) antar lembaga pendidikan di negeri kita.
    Tuntutan pendidikan kita adalah bukan hanya bersaing dari sisi kualitas tetapi di saat yang bersamaan juga harus membangun kerja sama antar lembaga pendidikan di negeri ini. Arus masuknya tenaga terampil dari negara tetangga adalah menjadi salah satu tantangan kita untuk mempersiapkan diri  agar tetap mampu bersaing dalam pendidikan di negeri sendiri. Oleh sebab itu sudah menjadi keharusan jika di lembaga kita dalam negeri ini harus bergandengan tangan untuk saling mengisi antara satu lembaga dengan yang lain, inilah salah satu cara yang harus kita lakukan agar tidak terpinggirkan oleh arus pertumbuhan pendidikan yang mengglobal.

Demikian kiranya sambutan yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan dan semoga bermanfaat untuk kita semua. Amiin
Nasrun Minallah.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb